kenapa aku harus berpuasa?

Kenapa aku harus berpuasa? WEll, ini adalah pertanyaan yang cukup kompleks untuk dijelaskan, karena aku juga mempunyai banyak jawaban yang harus dijelaskan, aku adalah orang yang agak suka terburu-buru, kurang sabar dan mudah tersinggung.

Kadang-kadang hal-hal tersebut juga bisa menggagnggu pergaulanku dengan teman-temanku. Lalu pada suatu hari di tahun ini, aku mencoba hal-hal yang bisa mendekatkan diriku kepada ALLAH SWT, termasuk berpuasa. Aku mencoba menjalankan puasa setiap hari senin dan kamis. Aku mencoba dan mencoba, secara tidak sadar akupun perlahan-lahan menjadi orang yang sabar dan menuturkan kata-kata yang baik.

Ketika aku sedang berpuasa, aku lebih bisa mengontrol omongan-omonganku. Amarah-amarahku terkontrol secara tidak sengaja. Ketika aku akan memikirkan hal-hal yang kurang baik, aku langsung menyadarkan diriku bahwa aku sedang berpuasa sehingga aku bisa menjadi a better person.

Ketika aku sedang berpuasa, aku secara tidak sengaja mensyukuri dengan apa yang aku dapatkan, aku mennsyukuri makanan yang aku makan ketika berbuka tiba, bukan main nikmatnya makanan buka puasa, sungguh-sungguh aku belum pernah merasakan rasa syukur sebesar itu, MASYAALLH sungguh nikmat, yang dulunya aku tidak pernah mau bersyukur dengan makanan yang aku dapatkan, apabila ibuku memasak dan apabila masakannya tidak enak mana mau aku makan. Tetapi, ketika aku berpuasa bahkan tempe dan tahu yang selama ini tidak pernahg mau ku makan menjadi makanan yang nikmat ketika berbuka berpuasa, SUBHANALLAH!.

Ketika aku sedang berpuasa, aku menjadi seorang yang rendah hati, karena aku bisa  merasakan bagaimana penderitaan orang-orang yang kurang mampu untuk bisa makan setiap hari, aku menjadi rendah dihadapan ALLAH SWT sang maha pencipta, sang Maha Segala-galanya.

Puasalah yang telah memberikan perubahan dalam hidupku untuk menjadi orang yang lebih baik, aku menjadi lebih tenang dan bahagia setelah menjalankan puasa. Saat ini sebentar lagi detik-detik menjelang puasa Ramadhan, bulan yang selalu dinanti-nantikan oleh seluruh umat Islam diseluruh dunia, bulan yang penuh berkah, bulan dimana kita bisa berpuasa selama sebulan penuh, dan mendapatkan rahmat dan hidayah puasa selama sebulan penuh, mudah-mudahan keimanan dan kesabaranku semakin bertambah dibulan yang penuh rahmat ini, AMIIN.