Akibat kegemukan pada ibu hamil

Hamil Gemuk, Bayi Besar

Kehamilan memang bisa membuat berat badan sang ibu naik. Tapi, sebaiknya jangan berlebihan. Sebab, menurut studi di Amerika Serikat (AS), ibu yang berat badan naik hingga 18 kilogram lebih selama hamil ditemukan dua kali lebih berisiko melahirkan bayi kegemukan pula.

Dalam studi ini, peneliti mengamati 40 ribu ibu hamil hingga melahirkan. Hasilnya, satu di antara lima ibu yang mengalami kelebihan berat saat hamil melahirkan bayi dengan bobot 4 kg atau lebih. Bahkan, bayi ini juga berisko mengalami obesitas.

“Karena itu, wanita sebaiknya menghindari pertambahan berat badan berlebihan saat hamil,” kata dr Teresa Hillier dari Kaiser Permanente Center for Health Research di Portland, Oregon.

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, bayi dengan bobot lahir lebih dari 4 kg tergolong terlalu berat. Pemerintah AS merekomendasikan kenaikan bobot maksimal 18 kg untuk ibu hamil. Bayi besar meningkatkan resiko saat persalinan, baik bagi ibu maupun janin. Pada ibu, bayi besar berisiko menyebabkan sobeknya vagina dan perdarahaan. Sedangkan, pada bayi, ada risiko bahu tergencet hingga tulang tapah. (Reuters/dio/soe)
Source: From Jawa Pos

3 thoughts on “Akibat kegemukan pada ibu hamil

Komentar ditutup.