Info Kesehatan

Air Rebusan Kangkung Antiracun
KANGKUNG termasuk sayuran yang sangat populer. Sebab, tanaman bernama latin Ipomoea reptans itu dapat diolah menjadi aneka hidangan menggugah selera. Mulai tumis, cah, hingga lalap. Harganya pun terjangkau.

Kandungan vitamin dan mineral kangkung pun sangat bagus untuk tubuh. Tanaman yang biasanya tumbuh di pinggir kali tersebut punya khasiat sebagai zat antiracun. ”Kangkung dapat menetralkan gejala orang keracunan seperti mual atau muntah-muntah,” ungkap Tri Murdiyana Amd, ahli gizi RS Spesialis Husada Utama Surabaya.

Bagian tanaman yang bisa digunakan untuk antiracun adalah batang dan daun yang muda. Penyajiannya, batang dan daun direbus, kemudian airnya diminum. ”Ini dilakukan untuk pertolongan pertama dampak keracunan. Setelah itu, harus diobati,” lanjutnya.

Wanita berkacamata itu menambahkan, air godokan kangkung bisa digunakan mengobati gusi bengkak. Bagian yang dimasak ialah daun, batang, dan akar. ”Air rebusan untuk kumur sebelum sikat gigi,” tegasnya. Air tersebut juga bermanfaat menghilangkan ketombe dengan memakainya untuk keramas.

Akar kangkung juga berguna mengobati penyakit wasir. Cara penyajiannya ditumis atau cah. Tanaman tersebut dapat dipakai menyembuhkan sembelit dan bagi mereka yang sedang berdiet. Diyana, sapaan Tri Murdiyana, menyatakan bahwa kangkung mengandung vitamin A, B1, dan C. Juga, protein, kalsium, fosfor, besi, karoten, hentriakontan, dan sitosterol.

Diungkapkan, ada kangkung darat dan kangkung air yang tumbuh secara alami di sawah, rawa, atau parit. Perbedaan keduanya terletak pada warna bunga, bentuk daun, dan batang. (dio/nda)
Source: dikutip dari koran Jawa Pos