Tips Untuk Kulit Kepala Berminyak

Kepala Berminyak, Sering-Sering Jemur Helm
Pernah mengalami tumbuh benjolan mirip jerawat di kulit kepala? Benjolan ini muncul karena produksi kelenjar keringat di kepala berlebih. Jika tidak segera dibersihkan, keringat yang berlebih ini dapat membuntu kelenjar keringat. Terbentuklah benjolan. Kadang, benjolan ini berisi darah.

Karena itu, bila produksi keringat di kulit kepala berlebih, dr Budiastuti Kusharjuni SpKK menganjurkan keramas setiap hari dengan sampo khusus. “Jangan palai kerudung bila rambut masih basah. Keringkan dulu rambut, baru pakai kerudung,” katanya.

Untuk mengurangi produksi keringat oleh kelenjar cebum, menurut Budiastuti, ada lotion yang bisa dioleskan pada kulit kepala. Yang harud diingat, lotion ini tidak dijual bebas. Diperlukan resep dokter untuk mendapatkannya. “Sebaiknya hindari dulu pemakaian conditioner pada rambut. Sebab, meski dipakai di rambut, tetap ada kemungkinan conditioner terkena kulit kepala. Conditioner kan pelembab,” katanya. Padahal, kulit kepala lembab justru perlu dihondari. Bagi yang biasa pakai helm, diingatkan agar sering-seringlah menjemur helmnya. (war/soe)

Source From:  Koran Jawa Pos

Tambahan dari saya bagi para pemakai Jilbab (saya juga memakai Jilbab lo) harap jangan pernah memakai conditioner karena akan menyebabkan rambut lepek.