Info kesehatan gigi

Anda menginginkan gigi yang sehat, namun menyikat gigi saja tidak cukup masih ada step-step yang lebih lanjut, berikut ini saya informasikan artikel yang saya dapat dari Jawa Pos.

Kumur Cegah Karies
Rajin sikat gigi tiap bangun tidur dan menjelang tidur rupanya tidak menjamin seseorang bebas dari karies (lubang) gigi. Menurut Dr drg Retno Indrawati dari Departemen Biologi Oral (Mikrobiologi) FKG Unair, pembentukan karies melibatkan pelicle dan kuman Streptococcus mutan (S. mutan).

Pelicle berasal dari air ludah dan berfungsi membantu gigi agar tidak mudah aus saat mengunyah. Zat yang terbentuk dari protein itu membentuk lapisan tipis di permukaan gigi.

Sedangkan S. mutan adalah kuman penyebab karies di rongga mulut. Meski tidak ada karies, pasti terdapat kuman tersebut dalam rongga mulut. “Keduanya diibaratkan kunci dengan lubangnya. Saling mengikat dan membentuk biofilm. Jika tidak diantisipasi sejak awal, lama-lama mereka membentuk karies,” tuturnya.

Pembentukan karies, lanjut Retno, berlangsung lama. Karena itu, banyak orang tak menyadarinya. “Mereka baru tahu ketika gigi sudah berlubang dan saraf terserang,” ucapnya.

Mencegahnya? Cara yang mudah, menurut Retno, adalah berkumur setelah makan. Saat berkumur, air dalam mulut harus digerakkan ke kiri dan kanan tiga kali. “Jika belum menempel di email, biofilm masih bisa dihilangkan dengan berkumur dan menyikat gigi secara benar. Biasanya, biofilm terjadi di sela-sela gigi,” ungkapnya.

Cara lainnya, mengunyah permen karet berbahan probiotik. Dia menjelaskan, permen karet bagus untuk menghidari karies karena memperbanyak aliran air ludah. “Sedangkan bahan probiotik dapat menyeimbangkan jumlah bakteri buruk dan bagus yang menempel di gigi,” terangnya. (dio/soe)

Selamat mencoba!

Baca Juga:

Tips menyembuhkan diare secara alami

Granula atau daging tumbuh pada gigi

Tips-tips agar terhindar dari sariawan