Ayam masak Karamel

Bismillah..

Resep ini saya dapatkan dari tabloid “menu‘..saya sendiri kalau ingin mencoba suatu resep maka saya akan berusaha mencari resep yang bahannya mudah didapat, mudah dibuat dan tentu saja mudah proses pembuatannya. Awal membaca resep ini saya tertarik dengan kata-kata karamel, saya berpikir nanti rasanya seperti apa ya?. Setahu saya karamel hanya digunakan untuk bahan memasak kue. So, jadilah saya membuat resep ini, awal mencoba langsung seneng dengan resep ini karena prosesnya mudah dan hasilnya, wow mantapz bangeettzz..heheh.. Reaksi suami saya setelah mencobanya “hmmm..rasanya seperti masakan restoran”.  Dalam hati saya berkata..ALHAMDULILLAH!!..soalnya jarang-jarang suami memuji masakan saya

Ok, here is the recipe as follow..:

Bahan:

250 gram ayam fillet (saya 1/2 kg ayam potong)

100 gran Tepung bumbu

Minyak goreng secukupnya

paprika merah 50 gram  (saya tidak pakai)

paprika hijau 50 gram (saya tidak pakai)

Bawang putih 2 siung cincang kasar

wijen putih 1 sdt disangrai

air kaldu 100 ml (saya masako dicampur air anget 100 ml)

saus tiram 1 sdm

garam secukupnya

gula palem 50 gr

Cara Membuat:

  1. Karamel: Panaskan gula palem hingga larut dan mengental, lalu tambahkan air panas aduk hingga tercampur rata, angkat.
  2. Lumuri daging dengan tepung bumbu hingga permukaannya rata, lalu goreng hingga kecoklatan dan matang tiriskan.
  3. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu dan harum, masukkan paprika merah dan paprika hijau, aduk rata. Tambahkan air kaldu, saus tiram dan garam, aduk rata.
  4. masukkan daging ayam dan karamel aduk hingga rata dan angkat, taburi dengan wijen diatasnya.
  5. sajikan.

hmmmmm….Lazzzziiisssssss….

2 thoughts on “Ayam masak Karamel

Komentar ditutup.