Arak pada makanan

Bismillah..


Informasi ini saya dapat dari milis Halal-Baik-Enak, saya ucapkan terimakasih kepada bu Indah Supriyatna yang sudah memposting informasi dibawah ini di milis. Disini saya juga ingin berbagi dengan yang lain agar lebih aware dengan makanan-makanan yang kita beli diluar, well, untuk mempersingkat waktu silahkan di baca informasi menarik tentang minuman beralkohol pada makanan yang djual..

Arak pada makanan

 foto angciu

Halal-Baik-Enak, Pak Ogah dan para penjual mie /nasi goreng dsb dengan gerobag dorong dan warung tenda, dan bahkan banyak resto Sunda, dan sebagian besar resto Cina, memakai SARI TAPE (alias ARAK MASAK, ANGCIU, ARAK MERAH) sebagai penyedap rasa atau pengempuk daging masakannya, termasuk masakan yang ditumis/ca (ca kangkung, capcay dll).

foto mirin

Banyak pengelola warung tenda di Jakarta pakai MIRIN sebagai pelengkap bumbu masakan Jepang yang dijualnya supaya seperti masakan Jepang aseli.
Mbak Fulanah yang jual jamu gendong juga suka menambahkan minuman ANGGUR sebagai ramuan dalam jamu atau beras kencur yang dijualnya.
Sebagian besar bakery juga memakai RHUM utk membuat beberapa jenis kue/cake.

foto rhum

foto rhum

Angciu Apakah bumbu penyedap dan Rhum/anggur semacam itu HALAL atau HARAM?
Menurut kamus bahasa Indonesia, ARAK adalah: 1) minuman keras, biasanya dibuat dari beras yg difermentasikan/diragikan; 2) zat cair mengandung alkohol (spt wiski, brendi, rum) yg diperoleh dr penyulingan anggur serta zat cair lain. Menurut sebuah penelitian, kandungan alkohol ANGCIU adalah sekitar 15%.

MIRIN, dia adalah bumbu dapur untuk masakan Jepang berupa cairan beralkohol berwarna kuning, berasa manis, mengandung gula sebanyak 40%-50% dan alcohol sekitar 14%. Di Jepang MIRIN adalah MINUMAN KERAS – bikin mabok.

Dalam Islam, minuman yang memabokkan tersebut disebut KHAMR yang hukumnya adalah HARAM dan masakan yang tercemar KHAMR, MESKIPUN SEDIKIT menjadi HARAM juga (meskipun kena panas menguap, pasti masih ada yang tersisa di makanan yang dimasak). Anggapan bahwa arak itu menguap semua sehingga masakannya halal, itu anggapan SALAH.
Itu tetap HARAM meskipun yang makan tidak akan menjadi mabok.

Dalilnya adalah: Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum)
khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan anak panah adalah termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan (Q.S Al Maidah 90).

Jadi: Sebagai penjual makanan, pastikan tidak membuat makanan dengan bahan bahan diatas. Dan sebagai konsumen, baiknya anda cermati makanan yang anda beli dari pedagang.

NB: Maaf..saya sengaja menambahkan foto-foto dari bahan makanan beralkohol yang saya sebutkan diatas, tujuan saya menampilkan gambar diatas agar para ibu rumah tangga lebih hati-hati dalam menggunakan bahan-bahan masakan dirumah, jangan mudah terpengaruh dengan resep yang memakai angciu, rhum dan mirin karena bahan-bahan masakan tersebut sudah pasti mengandung alkohol, dan yang paling penting para ibu rumah tangga sudah mengetahui bentuk dari angciu, mirin dan rhum..semoga bermanfaat..