Cake Bumbu Spekuk

Bismillah..

Resep ini turun temurun dari keluarga saya, mulai dari oma saya, lalu jatuh ke mamak saya dan akhirnya turun ke saya. Jenis cake yang ada dalam resep ini adalah sponge cake, dari sewaktu saya masih kecil, mamak saya sering membuat cake ini untuk dikonsumsi keluarga tercinta, saya sendiri sangat suka dengan cake ini. Nah, kali ini resep cake dari ibu saya, saya modif dikit alias ditambahkan 2 sendok makan bumbu spekuk. Rasanya mantap banget, bumbu spekuknya bener-bener terasa sekali. Oh ya, untuk bumbu spekuk sendiri sangat mudah didapat, kita bisa mendapatkannya di toko bahan kue terdekat.

Untuk loyangnya, saya memakai loyang jadul warisan mamak saya..heheh.. Loyang ini sangat praktis penggunaannya, tidak usah menggunakan oven, yang penting bagian bawah harus ada alasnya. Mamak saya biasanya menggunakan ulek-ulek yang berasal dari tanah liat, insyaALLAH hasilnya pasti bagus dan yang paling penting ga ribet dengan si oven tangkring..heheh..berikut penampakan loyangnya:

Okey, kalau begitu langsung aja kita meluncur ke TeKaPe:

Resep Cake bumbu Spekuk:

Bahan A:

6 kuning telur

4 telur utuh (maksudnya 4 telur utuh di campur dengan 2 kuning telur)

200 gram gula ( bisa dikurangi atau ditambah sesuai dengan selera)

1 sdm SP/TBM

Bahan B:

100 ml susu kental manis ditambah dengan sedikit air panas

Bahan C:

2 sdm bumbu spekuk

240 gr tepung segi tiga biru (kedua bahan dicampur lalu diayak)

Bahan D:

100 gr margarin lelehkan.

Pelengkap:

1/2 sdt Coklat pasta

Cara membuat:

  • Panaskan oven/tanah liat (yang saya pakai)
  • Olesi loyang dengan margarin, ingat kalau loyang tidak diolesi maka cake akan lengket dengan loyang dan sangat susah diambil.
  • Kocok dengan mixer bahan A menggunakan kecepatan tinggi hingga mengembang kira-kira 10 menit
  • Masukkan bahan B, aduk dengan spatula sampai tercampur rata, lalu masukkan bahan C aduk rata dari atas ke bawah sampai tercampur rata.
  • Lalu masukkan bahan D, diaduk lagi dari atas ke bawah, pengadukannya harus benar-benar sampai bagian bawah loyang.
  • ambil 100 gram adonan lalu campur dengan coklat pasta, campur sampai adonan bewarna coklat
  • tuang adonan kedalam loyang yang telah diolesi margarin
  • tuang adonan yang sudah dicampur coklat pasta diatas adonan, lalu campur menggunakan garpu atau sumpit, ketika mencampur jangan sampe mengenai bagian bawah atau bagian samping loyang yang telah diolesi margarin.
  • panggang adonan dengan suhu 180 derajat atau kalau saya memakai loyang cincin jadul dengan api sedang.

Dan hasilnya..hmmm..enak banget..