Resep Sambel kecap

Bismillah..

Latar belakang keluarga  saya yang berasal dari manado sudah pasti sangat menggemari dengan makanan yang pedas-pedas, dan i must confess that makanan yang pedas adalah makanan favorit saya. mamak saya, yang asli orang manado selalu saja menyajikan makanan pedas setiap hari sejak saya masih kecil sampai saya dewasa..tiada hari tanpa makanan pedas..heheh..itu lah pedoman hidup dalam keluarga saya…

okey..kali ini saya ingin berbagi resep sambel favorit keluarga saya yaitu sambel kecap, sambel kecap ini cocok bersanding dengan lele goreng, mujair goreng atau tahu dan tempe goreng di dampingi oleh nasi hangat, hmmm..mantepz bangetz..bisa juga dicocol dengan kerupuk buat ngemil-ngemil, jadi laper nih..resepnya saya lampirkan dibawah ini, cekidot:

Resep Sambel Kecap

2 siung bawang putih

20 biji cabe rawit (bagi yang tidak suka terlalu pedas bisa cabe rawitnya bisa dikurangi dan ditambahkan cabe merah besar)

1 sdm gula pasir

1 1/2 sdt garam meja

2 sdm minyak goreng

kecap secukupnya

Cara Membuat:

  1. potong bawang putih menjadi dua lalu digoreng dengan cabe rawit sampe berwarna kecoklatan, tiriskan.
  2. ulek bawang putih dan cabe rawit bersama gula dan garam sampai halus.
  3. pindahkan sambel yang sudah di ulek halus kedalam wadah baskom kecil lalu masukkan minyak sebanyak 2 sdm.
  4. masukkan kecap hingga sambel tergenang dalam kecap seperti di gambar dibawah ini

 

Sambel kecap siap disantap bersama teman-temannya..

 

Baca Juga:

Resep sayur lodeh nangka muda

Resep Cumi Goreng Madu

Resep Ayam Masak Karamel