Resep sayur lodeh nangka muda

Bismillah..

Sayur lodeh nangka muda atau bahasa jawanya “jangan tewel” adalah salah satu makanan favorit suami saya, saya bolak-balik mencoba resep yang saya dapatkan dari mamak saya, awal mencoba rasanya hambar lalu saya mencoba lagi rasanya tetap hambar, setelah saya selidiki ternyata santan yang saya masukkan kebanyakan sehingga membuat rasa dari bumbu-bumbu yang saya olah menjadi hambar dan tidak terasa sedikitpun.

Dan alhasil suami saya jadi kapok makan sayur lodeh nangka muda versi saya..heheh..namun saya tidak menyerah. Kemarin saya mencoba lagi dengan resep bumbu-bumbu yang sama tetapi porsi santannya saya kurangi dan..yuukk rasanya weennaakk bgt..bahkan saya jadi ikut menyukai sayur lodeh nangka muda yang saya masak sendiri dan makanan ini pun menjadi salah satu makanan favorit saya..heheh..

bagi ibu-ibu muda yang ingin mencoba resep ini dibawah ini saya share resep yang dikasih oleh mamak saya dibawah ini, cekidot..:

Resep Sayur Lodeh Nangka Muda:

200 gram nangak muda (saya beli dipasar deket rumah harganya cuma 1500)

150 gram tempe (dipotong kotak2 kecil2)

3 lembar daun salam

laos seukuran ibu jari di memarkan

400 ml santan

300 ml air

Bumbu Halus:

1 sdt ketumbar

1 ruas jari kunyit

8 siung bawang merah

2 siung bawang putih

5 butir kemiri

2 biji cabe hijau

2 biji cabe merah

2 biji cabe rawit (kalau ingin lebih pedas bisa ditambahkan sesuai selera)

2 sdt garam

1/2 sdt terasi dibakar (saya bakar diatas kompor sampe keluar asap dan aroma terasinya tercium dari asap yang keluar dari terasi)

Cara Membuat:

  1. Potong kecil-kecil nangka muda, lalu rebus hingga empuk,  (saya merebus nangka muda sekitar kurang lebih satu jam apabila airnya berkurang saya tambah lagi, pokoknya sampe nangka mudanya benar-benar empuk dan bewarna coklat). Lalu angkat dan ditiriskan.
  2. Haluskan bumbu halus (saya memulai dengan mengulek garam dan ketumbar, lalu saya masukkan bawang putih/merah, kunyit dan cabe, setelah itu saya masukkan kemiri dan yang terakhir terasi bakar lalu diulek sampe bener-bener halus)
  3. tumis bumbu halus hingga setengah matang, lalu masukkan daun salam dan laos, tumis hingga bumbu berwarna kecoklatan.
  4. masukkan sayur nangka di tumis sebentar lalu masukkan tempe dan air masak sekitar kurang lebih 5 menit.
  5. masukkan santan lalu dimasak hingga mendidih dan matang.

sayur lodeh nangka muda siap disajikan dan dilahap

NB: saya biasanya menambahkan kencur setiap kali memasak sayur lodeh namun pada saat saya membuta sayur lodeh nangka muda ini saya tidak pakai karena dirumah lagi ga ada kencur, tapi klo ada yang mau mencoba silahkan tambahkan kencur dan hasilnya pasti lebih enak.

 

Baca Juga:

Resep Cumi Goreng madu

Resep Ayam Masak Karamel

Resep oseng-oseng sayur kangkung