Resep Kare Ayam

Bismillah..

Awal mula saya mencoba resep ini dikarenakan sewaktu saya dan suami saya berkunjung ke rumah orang tua saya, mamak saya memasak kare ayam dan waktu itu suami saya langsung kesengsem dengan si “kare ayam” dan saya juga ikut kesengsem, heheh,. Saya pun tertarik ingin mencoba kare ayam ini di rumah kami, baru kali ini saya menanyakan resep kare ayam ke mamak saya karena selama saya tinggal dengan mamak saya, dari kecil sampe dewasa saya tidak tertarik untuk menanyakan resep ini.

Wokeh..di resep kare ayam yang akan saya posting kali ini, resepnya sangat sederhana dan tidak ribet sama sekali. Ketika saya menanyakan ke mamak saya, mamak saya hanya menyebut sekali resepnya dan sayapun sudah hapal diluar kepala. Well, cukup disini basa-basinya kita langsung saja meluncur ke TeKaPe:

Resep Kare Ayam:

1/2 kg Ayam yang sudah dipotong-potong

600 ml air

400 ml santan

1 batang sereh (di memarkan)

3 helai daun jeruk

Bumbu halus:

1 1/2 sdt Ketumbar

1 ruas ibu jari jahe

1 ruas ibu jari kunyit

5 butir kemiri

7 siuang bawang merah

2 siung bawang putih

1 1/2 sdt garam

Cara Membuat:

  1. Haluskan bumbu halus sampai lembut
  2. Tumis bumbu halus sampai setengah matang masukkan sere bersama daun jeruk lalu tumis bumbu hingga berwarna kecoklatan dan beraroma harum
  3. Masukkan ayam lalu aduk bersama bumbu halus
  4. Masukkan air lalu diamkan selama 5 menit
  5. Masukkan santan dan dimasak hingga matang

Mudah sekali ya..dan hasilnya enak sekali lo..monggo dicoba resep yang simpel dan ga pake ribet ini.

NB: Dalam menumis bumbu halus saya sarankan sampai bumbunya matang kecoklatan karena menurut mamak saya bumbu yang ditumis hingga kecoklatan rasa bumbunya lebih terasa enak dan lebih gurih.

Baca Juga:

Resep Sambel Kecap

Resep Sayur Lodeh Nangka Muda

Resep Ayam Masak Karamel