Resep Rendang khas Rumah Makan Padang

Bismillah..

Berawal pada hari raya tahun ini, waktu itu saya sedang merayakan hari raya idul fitri di rumah mertua. Seperti biasa, hari raya di rumah mertua pasti tersedia banyak sekali makanan dan waktu itu mertua dikirim makanan oleh tante As (adek iparnya mertua saya) berupa rendang daging. Saya yang pada awalnya tidak terlalu suka dengan rendang langsung tertarik ketika ditawari mertua saya untuk menyantaprendang, dengan perasaan agak Jaim saya dan suami segera menyantap rendang tersebut dan rasanya enak sekaliii, dalam hati saya berkata “ternyata rendang itu enak sekali ya”.

Ok, Setelah menjelang waktu yang lama kira-kira dua minggu yang lalu saya pun bertandang ke rumah mertua, pada saat itu mertua saya  memasak rendang dan saya jadi teringat dengan rendang buatan tante As, hmm.. pada akhirnya saya yang tidak jago memasak masakan kelas berat seperti rendang pun jadi tertarik untuk segera mencoba untuk memasak rendang sendiri dirumah.

Sayapun segera menelpon mamak saya untuk menanyakan bagaimana caranya memasak rendang. Tanpa basa-basi mamak sayapun langsung memberikan resep-resep berikut petunjuk-petunjuk cara memasak rendang dengan baik dan benar disertai tips khusus agar si “rendang” bisa seenak rumah makan padang. Tips dari mamak saya adalah dengan memberikan kelapa muda parut yang sudah disangrai ke dalam rendang.

Tiga hari kemudian, tepatnya hari ini, saya langsung mencoba resep ini dan rasanya enak sekali. Tanggapan suami saya setelah mencicipi “rendang” ini adalah..”hmmm enaakk”. ALHAMDULILLAH, Thanks to my mother yang sudah mengajari saya memasak rendang ini. Resepnya saya share dibawah ini:

Rendang Khas Rumah Makan Padang ala mamak saya:

250 gram Daging direbus sampai empuk  (saya rebus kira2 kurang lebih 1 jam di api sedang)

250 gram Kentang dipotong dadu lalu digoreng sebentar didalam minyak panas (jangan terlalu lama gorengnya)

650 ml santan kental

1 batang sere

4 lembar daun jeruk

2 lembar daun salam

2 lembar daun kunyit (saya skip karena dipasar tidak ada yang jual)

50 gram kelapa parut muda disangrai sampai berwarna merah lalu dihaluskan

Bumbu Halus:

6 siung bawang merah

2 siung bawang putih

4 butir kemiri

4 biji cabe merah besar

4 biji cabe rawit (bisa ditambahkan kalau ingin lebih pedas)

2 cm kunyit

2 cm jahe

1 ruas ibu jari lengkuas

1 1/2 sdt garam

seujung sdt jinten (dalam pemberian jinten harus sedikit sekali atau bahasa jawanya sejumput jinten)

1 sdt ketumbar

Cara Memasak:

  1. Tumis bumbu halus sampai berwarna kecoklatan dan beraroma harum, masukkan sere, daun jeruk dan daun salam lalu ditumis sebentar.
  2. Masukkan daging dan kentang, ditumis sampai bumbu tercampur rata dengan daging dan kentang.
  3. Masukkan santan kanil/kental kedalam wajan lalu diaduk sampai bumbu tercampur rata.
  4. Masak daging sampai santan menyusut, sesekali diaduk agar matang merata.
  5. Ketika santan sudah agak menyusut masukkan kelapa muda parut yang sudah disangrai.
  6. Aduk perlahan sampai kelapa parut tercampur rata dengan daging dan kentang.
  7. Rendang Khas Rumah Makan Padang Sudah siap dihindangkan tanpa penyedap rasa dan pengawet.

NB: ketika menyangrai kelapa muda, harus diatas api kecil sampai berwarna merah lalu segera dihaluskan bisa memakai blender atau juga bisa memakai ulekan sambel. Kalau saya sendiri ketika kelapa sangrainya sudah matang, dalam keadaan masih panas langsung saya ulek sampai halus.

Selamat mencoba!!

Baca Juga:

Resep Semur Ayam Spesial

Resep Sayur Lodeh Nangka Muda

Resep Kare Ayam