Soto Ayam “Bude Hari”

Bismillah..

Soto Ayam sini bisa dibilang fenomenal bagi saya dan keluarga besar saya, sangking enaknya apabila di keluarga saya sedang ada acara maka mamak saya pasti menyajikan Soto Ayam “Bude Hari, yang masak tentu saja bukan mamak saya. Sesuai denga judul diatas pastinya bude Hari, tetangga kami di sedati yang sudah dianggap seperti keluarga sendiri, Soto Ayam ini benar-benar enaaaakkk sekali, sangking enaknya saya tidak bisa menggambarkan dengan kata-kata (lebay.com).

Sebenarnya saya mendapat resep ini jauh-jauh hari sebelum saya menikah, saya mendatangi bude Hari dan mencatat dengan detail Resep Soto Ayam ini dan bude Hari sangat tidak keberatan untuk berbagi ilmunya untuk Soto Ayam ini.  saya baru mencoba resep Soto Ayam ini beberap minggu yang lalu. Hasilnya, ALHAMDULILLAH..hiks..(sangat mengharukan)..komentar dari suami saya adalah “enaakk” sambil membabat habis soto Ayamnya hingga tetes terakhir (lebay.com lagi). Pokoknya nih resep bisa menandingi soto Ayam yang dijual diluar sana dan masaknya juga ga ribet.

Okeh..ga pake lama..Berikut Resep Soto Ayam Bude “Hari”

Resep Soto Ayam Bude Hari

Bahan-Bahan:

Dada Ayam 1 Kg (saya cuma siapkan ayam 1/2 Kg)

3000 ml air

4 helai daun jeruk

2 batang sere

Bumbu Halus:

1/2 SDM gula pasir

10 siung Bawang Merah

7 siung bawang putih

1 sdt merica butiran

1/2 ibu jari Jahe

1/2 ibu jari kunyit

5 butir kemir

jinten sejumput

50 gram filet ikan bandeng yang masih mentah

1 sdm garam (bisa ditambahkan apabila masih terasa kurang asin)

Bahan Pelengkap:

Kentang Goreng

Seledri yang sudah dipotong-potong

so’un

Sayur gubis yang sudah dipotong-potong

Cara Memasak:

  1. Cuci bersih Dada Ayam
  2. Goreng sampai coklat dan harum terlebih dahulu bawang merah, bawang putih, merica, jahe, kunir dan kemiri.
  3. Haluskan bumbu yang digoreng diatas berserta jinten dan filet ikan bandeng.
  4. Tumis bumbu halus lalu masukkan sere yang telah dimemarkan dan daun jeruk.
  5. Matikan api, masukkan bumbu yang sudah ditumis kedalam panci berisi air dan ayam.
  6. Rebus ayam sampai matang lalu tiriskan ayam dari kuah soto.
  7. Goreng dada Ayam sampai kecoklatan, angkat dan dinginkan sebentar lalu suir-suir daging ayam kecil-kecil sampai tersisa tulangnya.
  8. Masukkan tulang ayam kedalam kuah soto lalu rebus sebentar, masukkan daun bawang kedalam kuah soto.
  9. Hidangkan soto Ayam bersama nasi panas, kentang goreng, seledri, so’un, sayur gubis dan kerupuk udang.