Resep Nastar yang “enak dan murmer”

Bismillah..

Di dalam keluarga saya membuat kue kering sebelum hari raya sudah menjadi tradisi yang tidak bisa lepas setiap tahun, tradisi ini sudah mendarah daging dalam keluarga besar mamak saya. Di mulai dari omak saya yang dari manado, mamak saya dan pada akhirnya jatuh ke saya dan mungkin suatu waktu akan saya wariskan ke anak saya kelak.

Ketika saya masih kecil, saya tinggal di Manado, tepatnya kota Bitung. Tetangga-tetangga mamak saya pasti membuat kue kering termasuk juga mamak saya, kadang mereka membuat kue kering secara ramai-ramai, kadang juga dibuat sendiri dirumah. Pengalaman saya sewaktu masih kecil, saya selalu ikut-ikutan mamak saya dan tetangga-tetangga beliau untuk membuat kue kering dan hasilnya, mamak saya pasti menyuruh saya untuk mainan sendiri diluar, heheh, karena waktu itu saya bukannya membantu tapi malah mainan dengan adonan kue kering.

Kue kering yang paling populer waktu saya masih kecil adalah nastar atau kue fantasi  dalam bahasa Manado, kue ini sangat populer di Manado sejak dulu sampai sekarang. Dalam resep nastar kali ini saya memodifikasi resep nastar dengan mencari informasi dari berbagai sumber, mulai dari tepung yang di sangrai, diberikan susu bubuk, tepung maizena dan roombutter. Hasil dari experiment saya diatas menghasilkan kue nastar yang enak dan tanpa menggunakan mentega mahal, tetangga saya yang saya bagikan nastar saya pun langsung memesan kue nastar ini, padahal saya tidak ada niatan untuk jualan Kue kering. Ok, tanpa panjang lebar saya bagikan resep nastar yang “enak dan murmer” dibawah ini:

Resep Nastar yang “enak dan murmer”

 

Bahan-bahan:

200 gr margarin

300 gr tepung terigu segi tiga biru yang sudah disangrai

3 butir kuning telur

30 gram susu bubuk

1/2 sdt garam

40 gram tepung maizena

2 sdm roombutter

1 sdt baking powder

Bahan selai nanas:

250 gr nanas (diparut secara manual)

200 gr gula pasir (bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera)

2 batang kayu manis

5 butir cengkeh

Bahan Olesan:

2 butir kuning telur

Cara membuat selai nanas:

  1. Masak nanas , cengkeh dan kayu manis sambil diaduk-aduk diatas api kecil hingga air nanas tinggal sedikit.
  2. Masukkan gula pasir, lalu diaduk sampai warna nanas berubah menjadi merah dan air nanas mengering, matikan api lalu dinginkan.

Cara Membuat adonan Nastar:

  1. Campur  terigu yang sudah disangrai, garam, tepung Maizena, baking powder dan susu bubuk.
  2. margarin, gula, kuning telur, roombutter dikocok sekitar 3 menit, lalu beri terigu yang sudah disangrai, garam, tepung Maizena dan susu bubuk.
  3. Ambil sedikit adonan, isi selai nanas lalu bentuk sesuai selera.
  4. Panggang 170 derajay celcius, 35 menit.
  5. Ketika Nastar sudah setengah matang keluarkan Nastar dari oven lalu olesi dengan kuning telur, masukkan nastar kembali  kedalam oven lalu panggang hingga matang merata

Nb: Sangrai tepung terigu hingga keluar aroma wangi dari tepung terigu dan warna tepung berubah menjadi sedikit kuning diatas api kecil lalu diayak.