Resep Rempeyek Kacang

Bismillah,

CAM00175

Kalau tidak salah, setahun yang lalu saya pernah mencoba membuat rempeyek, dengan bekal browsing sana sini akhirnya dapat juga resep rempeyek kacang. Ternyata eh ternyata, setelah saya coba nih resep jadinya keras sekali bahkan suami saya tidak mau ikutan makan peyek kacang buatan saya..hikss

Ternyata eh ternyata, setelah saya browsing lagi, resep peyek kacang ternyata harus dikasih tepung kanji agar tidak keras. Finally, saya pun mencoba resep ini dan alhamdulillah resep yang saya uji coba ini akhirnya menjadi peyek kacang yang renyah, sedap dan tidak keras.

CAM00170

Dalam kamus saya, yang namanya peyek kacang haruslah terdapat kacang yang banyak, heheh, karena kalau tidak banyak kacang namanya bukan peyek kacang, itu dalam kamus saya lho, ndak tau deh klo pedagang peyek diluar sana, heheh. Jadi pada resep kali ini saya menambahkan banyak kacang pada peyek,hihih. Biar lega makan si kacang yang bersembunyi dalam rempeyek.

Oke deh tanpa banyak cas cis cus berikut resep peyek kacang yang renyah dan tidak alot:

Sumber: Hasil Uji Coba di dapur rumah..

Resep Peyek Kacang:

Bahan-bahan:

150 gr tepung beras

50 gr tepung kanji

300 ml air

5 helai daun jeruk nipis diiris tipis-tipis

100 gr kacang dipotong-potong jadi dua atau sesuai selera

 

Bumbu halus:

2 siung bawang putih

seujung jari kencur

1/2 sdt ketumbar

1 sdt ketumbar

1 sdt garam

5 butir kemiri

 

Cara Membuat:

1. Campur bumbu halus dengan air, larutkan sampai tercampur rata.

CAM00171

2. Masukkan daun jeruk setelah itu masukkan tepung beras dan tepung kanji lalu di campur sampai tercampur rata.

CAM00172

3. Masukkan kacang kedalam adonan sedikit-sedikit sebelum di goreng.

4. Ambil adonan peyek sesendok sayur taburkan pada pinggiran wajan, siram-siram peyek dengan minyak panas hingga peyek jatuh ke dalam minyak panas, goreng sampai matang kecoklatan.

CAM00174 CAM00176

 

Peyek siap dihidangkan…

Nb: bagi yang tidak suka kacang, kacang bisa diganti dengan ebi atau teri.

Tips dari saya:

1. Gunakan minyak yang banyak dalam menggoreng peyek agar mempermudah menyiram minyak ke atas peyek yang berada di pinggir wajan.

2. Gunakan daun jeruk yang masih berwarna hijau segar agar tercium aroma harum pada daun jeruk pada rempeyek.

3. Jangan terlalu kental dalam mencampur adonan sehingga peyek yang dihasilkan tidak keras.